Kamis, 09 Agustus 2012

4 Penemuan Makanan yang Tidak Disengaja

Terkadang dalam membuat suatu makanan, ada kegagalan atau kecelakaan yang menyebabkan hasil makanan menjadi tidak sesuai dengan harapan. Namun ada kalanya kegagalan itu menjadi awal dari terbentuknya resep yang mengubah dunia. Berikut adalah 4 penemuan makanan karena ketidaksengajaan.
 

1. Keripik kentang

Keripik kentang  (sumber : wikipedia)
Keripik kentang pertama kali ditemukan oleh seorang koki bernama George Crum. Dia adalah koki keturunan Afrika yang bekerja di restoran Moon's Lake Horse yang terkenal dengan menu kentang gorengnya. Suatu hari, George mendapat keluhan oleh Cornelius Vanderbilt tentang kentang gorengnya yang terlalu tebal. Lalu George memotong kentangnya menjadi lebih tipis. Namun Cornelius tetap mengeluh tentang kentang gorengnya. Akhirnya George memotong kentang gorengnya sampai tidak bisa ditusuk garpu. Tetapi, si pemesan akhirnya puas dengan kentangnya dan akhirnya dibuatlah menu baru
 bernama "Keripik Saratoga"

2. Donat

Ada banyak versi sejarah tentang penemuan donat. Menurut salah satu versi, donat ditemukan pertama kali oleh Hanson Gregory. Uniknya, dia bukan seorang juru masak, melainkan seorang pelaut berkebangsaan Denmark.Setiap melakukan perjalanan, kapalnya sering diterjang badai sehinggaia harus menancapkan kue yang sedang dimakannya ke roda kemudi kapal. Akibatnya, kuenya berlubang di bagian tengah. Kebetulan, bagian tengah kue sering belum matang sehingga butuh waktu lebih untuk mematangkannya. Maka donat pun sengaja dibuat memiliki lubang di tengahnya agar kue lebih cepat matang.

3. Brownies

Kue coklat yang bantat ini ditemukan oleh seorang pemilik toko roti yang hampir bangkrut. Dengan modal terakhir yang ia miliki, ia berusaha membuat kue coklat agar terhindar dari kebangkrutan. Semalam suntuk ia berusaha demi membuat kue coklat seperti yang tertera di buku resep. Setelah matang, sang pemilik merasa sedih karena kue tersebut berbeda dengan yang ada di buku. Karena kelelahan, ia pun tertidur pulas. Sementara itu, si karyawan yang tidak menyadari bahwa itu kue yang gagal mengambil dan menjual kue tersebut seperti biasa. Anehnya, kue tersebut laris dan menyebabkan si pemilik terhindar dari kebangkrutan.

4. Kerucut es krim ( Ice Crean Cone)

Es krim dengan cone (wikipedia.com)

Yang akan kita bahas terakhir adalah cone es krim. Pada tahun 1904, seorang penjual es krim di Louisiana Purchase Exposition kehabisan piring saji untuk penyajian es krimnya. Akhirnya, ia menggulung wafel menjadi kerucut dan menaruh es krimnya di atas wafel tersebut. Tidak disangka, ide unik ini malah membuat perubahan di seluruh dunia dan menyebabkan makan es krim di atas cone merupakan tren.

8 tahun kemudian, Frederick Bruckman, penemu asal Oregon menciptakan alat pembuat kerucut es krim secara massal. Tentu ini makin mempermudah pembuat es krim yang dulu hanya membuat cone dengan tangan.




EmoticonEmoticon