Sabtu, 17 November 2012

4 Makanan dan Minuman yang Dihasilkan Melalui Bakteri

Begitu mendengar kata bakteri, pikiran kita pasti tertuju pada penyakit dan sejumlah pikiran negatif lainnya. Tapi percaya atau tidak, banyak makanan dan minuman yang sering kita konsumsi berasal dari bakteri. Dari sekian banyak makanan yang ada, berikut ini 4 makanan dan minuman yang dihasilkan oleh bakteri.

1. Yoghurt

Sumber : mediasehat.com

Yoghurt adalah susu yang difermentasi oleh bakteri Lactococcus lactis dan Lactobacillus bulgaricus sehingga membentuk suatu rasa dan aroma yang unik. Rasa asam yoghurt berasal dari bakteri Lactobacillus bulgaricus yang merubah laktosa menjadi asam laktat yang membuat yoghurt lebih awet sekaligus membuat orang yang alergi terhadap susu murni bisa menikmati yoghurt tanpa masalah kesehatan.







2. Nata de Coco

Sumber :produkkelapa.wordpress.com
Nata de coco adalah bahan makanan yang menyerupai jelly dan berwarna putih bening dan biasa dipakai untuk membuat minuman segar walau terkadang bisa dimakan langsung. Nata de coco berasal dari fermentasi air kelapa oleh bakteri Acetobacter Xylinum. Nata de coco bermanfaat untuk membantu pencernaan dan untuk diet dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi.






3. Yakult

Sumber : klikrating.com
Minuman ini mirip dengan yoghurt. Namun, minuman ini dibuat dari susu skim dan gula yang difermentasi dengan bakteri Lactobacillus casei. Minuman berwarna putih ini ditemukan oleh Minoru Shirota pada tahun 1930. 5 tahun kemudian, ia mendirikan perusahaan yang memproduksi Yakult. Nama Yakult sendiri berasal dari bahasa Esperanto jahurto yang artinya yoghurt. Minuman ini terkenal karena bakteri Lactobacillus casei dikenal baik bagi percernaan.







4. Keju

Sumber  : aziachmad.wordpress.com
Bahan makanan yang rasanya gurih asin ini tentu tak asing lagi dengan kita. Keju dibuat dengan cara memanaskan susu agar bakteri Streptococcus dan Lactobacillus tumbuh. Keju memiliki kandungan kalsium, riboflavin, vitamin A, vitamin B12, dan selenium yang tinggi. Keju biasa dipakai sebagai bahan campuran makanan walau bisa juga dimakan langsung.


EmoticonEmoticon