Sabtu, 22 September 2012

4 Rhythm Game yang Populer

Rhythm game adalah game yang menguji kepekaan dan kecepatan merespons seseorang dan diiringi oleh musik. Diantara banyak rhythm game yang ada, tidak semuanya meraih keuntungan dan popularitas yang tinggi. Berikut ini 4 Rhythm Game yang cukup populer.



1. Dance Dance Revolution

Sumber : verynoice.com
Game ini merupakan game rhythm yang menggabungkan konsep dance dengan rhythm. Permainan yang diluncurkan tahun 1998 ini menggunakan 4 pad sensitif (Atas, bawah, kiri, kanan) untuk bermain. Pad ini kemudian diinjak sesuai dengan irama dan petunjuk yang ada di layar. Bila pemain tidak atau terlambat menginjak pad berulang kali, game ini akan berakhir. Sekarang, game ini tidak hanya dimainkan melalui mesin gamenya saja, namun bisa juga menggunakan PlayStation, Wii, Nintendo, XBox, dan GameCube.

2. Pump It Up

Sumber : armchairempire.com
Pump It Up sangat mirip dengan Dance Dance Revolution ( DDR ). Saking miripnya, DDR sampai menuntut Andamiro, perusahaan pembuat Pump It Up karena dituduh melakukan plagiat. Pump It Up memang sangat mirip dengan DDR, dari gameplay sampai bentuk mesin game, mirip dengan DDR. Bedanya, game ini memiliki 5 pad sensitif (Pojok kiri atas, pojok kanan atas, pojok kiri bawah, pojok kanan bawah, dan tengah). Selain itu, sistem scoringnya juga berbeda, bila DDR menggunakan AAA (Terbaik) sampai E (Terjelek), maka di Pump It Up menggunakan sistem scoring dari S (Terbaik) sampai F (Terjelek).

3. Guitar Hero

Guitar Hero memiliki perbedaan dari kedua games diatas. Bila game-game tadi membutuhkan tenaga lebih, dalam game ini pemain cukup memainkan konsol game yang berupa gitar. Game ini dibuat oleh Harmonix Music System. Keunikan game ini salah satunya terletak di konsol gitarnya. Bila bulatan pada game telah berada di target, pemain harus menekan bulatan berwarna sama dengan yang ada di layar. Guitar Hero memiliki 4 mode permainan. Yaitu Career ( karir ), Quick Play ( langsung bermain ), Multiplayer, dan Tutorials.

4. StepMania
Sumber : linuxlinks.com

Game terakhir yang akan kita bahas adalah StepMania. Game rhythm ini mirip dengan DDR karena memiliki 4 pad sensitif dan memng game ini berasal dari induk yang sama dengan DDR, yaitu Konami.Game yang dirilis tahun 2001 ini memiliki 4 jenis arrow yang berbeda. Yaitu :
  • Mines (Bila diinjak akan mengurangi skor)
  • Lift (Harus ditahan setelah terlihat dan dilepas setelah melewati target)
  • Rolls (Diinjak secepat mungkin setelah mencapai target)
  • Holds (Diinjak dan ditahan sampai seluruh arrow yang mengekorinya telah memasuki target)


EmoticonEmoticon