Jumat, 12 Juli 2013

4 Cara Menghindari Terkecoh Iklan di Internet

Iklan memang memiliki keuntungan dari sisi ekonomi, seperti mengenalkan produk, menyebarkan informasi tentang barang/jasa pada masyarakat luas, dan sebagainya. Bagi blog/website yang dipasangi iklan sendiripun juga akan mendapat keuntungan berupa pembayaran dari iklan yang dipasang. Tetapi terkadang ada saja website yang memasang iklan yang mengganggu kenyamanan pembacanya seperti membuat label palsu, membuat pop up yang muncul tiba-tiba, dan lainnya. Untuk menghindari kejadian tersebut, tips berikut ini bisa anda coba.

1. Jangan Klik Link yang Mencolok

Link Iklan
Iklan biasanya memiliki gambar yang mencolok. Hal ini dilakukan tak lain tak bukan adalah untuk menarik perhatian para pengunjung untuk mengklik iklan tersebut. Biasanya gambar / button Download yang asli (bukan iklan) sedikit tersembunyi dan ukurannya lebih kecil dari iklannya. Nah, hal itu yang akan memancing untuk mengklik iklan

2. Perhatikan Tulisan diatas Iklan

Bila Anda teliti, Anda akan menemukan tulisan yang menunjukkan bahwa gambar yang akan Anda klik merupakan iklan, seperti tulisan "Iklan" seperti ini:

Tulisan IKLAN yang dilingkari merah
Sekedar info, ini tidak berlaku untuk seluruh website yang ad-supported (mengandung iklan). Pemasangan tulisan ini bergantung kepada admin website itu.

3. Memasang Ad-Blocker

Terkadang, untuk tipikal iklan pop-up (jendela browser menampilkan iklan), kita harus menutup satu-satu iklan tersebut. Tentu ini sangat merepotkan, karena waktu kita akan terbuang percuma. Untunglah, ada extension yang merupakan ad-blocker. Dengan memakai ad-blocker, iklan-iklan pop-up akan hilang dan waktu Anda tidak akan terbuang hanya demi menutup pop-up. Anda bisa mendownload ad-blocker disini

4. Tidak Terkecoh Penawaran Iklan

Terkadang, iklan menggunakan pengecoh berupa pengumuman bahwa Anda memenangkan hadiah dan harus diambil dengan cara mengklik iklan secepatnya. Saran saya, jangan mudah terkecoh dengan jenis iklan ini. Iklan ini mampu menjerumuskan Anda dengan menyuruh (atau setidaknya menganjurkan) Anda mendukung grup tertentu, mengunduh suatu program, dan yang paling parah adalah menginstal virus di komputer Anda.


EmoticonEmoticon