Minggu, 04 Mei 2014

4 Fakta tentang BitCoin

BitCoin adalah mata uang virtual yang bisa digunakan untuk membeli barang nyata. konsep awal BitCoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada 2008. Kini BitCoin dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia. Berikut ini 4 fakta tentang BitCoin.

 1. Jumlah maksimum BitCoin

BitCoin memiliki jumlah yang terbatas, yaitu hanya sekitar 21 juta bitcoin saja. Nilai semua bitcoin tersebut adalah sekitar $10,2 milyar. Hal ini dikarenakan BitCoin diperoleh dengan cara pemecahan algoritma matematika. Makin banyak bitcoin yang diperoleh, makin sulit algoritma yang harus dipecahkan, sehingga lama kelamaan, algoritma tersebut tidak dapat dipecahkan lagi. Walau terbatas, BitCoin diperkirakan masih tersedia sampai tahun 2140.

2. Identitas Penemu Konsep BitCoin

Seperti yang sudah disinggung diatas, konsep BitCoin dibuat oleh Satoshi Nakamoto. Namun, identitas Satoshi sendiri masih anonim. Bahkan, belum diketahui apakah Satoshi merupakan suatu individu atau kelompok. Satoshi sendiri menemukan konsep bitcoin pada 2008 sebelum akhirnya muncul aplikasi bitcoin bernama Bitcoin-Qt.

3. Transaksi BitCoin Pertama

Pada tahun 2010, seorang pengguna internet bernegosiasi di forum BitCoin. Ia membeli 2 loyang pizza dengan harga yang sangat fantastis : 10.000 bitcoin! Padahal, 10.000 bitcoin setara dengan 410 milyar rupiah pada tahun 2014. Seandainya ia menunggu 4 tahun saja, dia sudah bisa memarkir ratusan supercar di garasinya.

4. Komputer "Penambang" BitCoin

Salah satu cara mendapat bitcoin adalah dengan cara menghitung algoritma yang diberikan pihak developer BitCoin. Siapa yang bisa memecahkan algoritma dengan nilai rterkecilUntuk melakukannya, diperlukan seperangkat komputer untuk memecahkan algoritma matematika. Bukan hanya komputer biasa, komputer yang diperlukan harus merupakan super computer. Harga setiap unit super computer terbaru bisa mencapai 130 juta rupiah. Tapi, super computer ini bisa menghitung minimal 1,6 bitcoin per hari. Artinya, kemungkinannya untuk mendapat bitcoin juga makin besar.


EmoticonEmoticon