Jumat, 12 Juli 2013

4 Cara Menghindari Pencurian Password

Password adalah kata sandi yang biasa digunakan untuk memverifikasi siapakah yang berusaha memasuki suatu akun. Karena fungsinya itu, sering terjadi pencurian akun yang berawal dari pencurian password. Banyak cara untuk membobol password. Walau demikian, pencurian password bisa dicegah. Beberapa cara mencegah pencurian password bisa disimak dibawah ini.
1. Membuat Password yang Panjang

Bila kita membaca peraturan di sebagian besar website, panjang password yang disarankan adalah 8 karakter atau lebih. Tetapi tahukah Anda bahwa dengan memakai teknik tertentu, password berjumlah kurang dari 12 karakter bisa dibobol. Maka, password yang baik sebaiknya memiliki panjang lebih dari 12 karakter.

2. Menyisipkan Variasi Karakter pada Password

Selain jumlah karakter yang banyak, kita harus menyisipkan karakter yang bervariasi. Misalnya, huruf besar-kecil, menyisipkan angka, dan simbol. Misalnya kita akan membuat "empatfaktaunik" sebagai password. Walau panjang, password ini bisa dibobol memakai teknik bruteforce. Maka, kita bisa memakai password "3mP@Tf@kT@uN1k" sebagai password, karena password ini mengandung angka, simbol, dan perpaduan huruf besar kecil.

3. Tidak Memberitahu Password ke Orang Lain

Saya pernah mengalami hal ini. Untuk menaikkan level saya di sebuah game facebook, saya meminta tolong teman untuk memainkan game saya. Tentu saja saya memberikan dia password saya. Akibatnya, beberapa saat kemudian, jumlah teman saya melonjak. Padahal, saya tidak ingin menerima request dari orang yang tidak dikenal. Akhirnya, saya mengganti password facebook saya.

Intinya, membagikan password kepada orang lain merupakan hal yang tidak dianjurkan. Kecuali bila Anda bekerjasama dengan orang lain. Bila Anda membagikan password Anda, maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Seperti penulisan status / post yang aneh-aneh, memasang gambar yang tidak Anda inginkan, sampai penghapusan akun.

4. Tidak Mencatat Password Dimanapun

Walau Anda mengamankan password Anda dengan password lainnya, jangan kira password itu akan terjaga dengan aman. Terutama apabila Anda menggunakan kombinasi password pengaman yang lemah (berisi huruf kecil, kurang dari 8 karakter, dan lain-lain). Kalaupun Anda menyimpan password di tempat-tempat seperti dompet, handphone, atau tempat lain, Anda juga harus menjaganya dengan baik. Terutama jika password yang Anda simpan berjumlah banyak dan merupakan password untuk akun penting.


EmoticonEmoticon