Senin, 18 Agustus 2014

4 Fakta Tentang Handphone

Handphone adalah benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sekarang. Tapi apakah kita tahu apa sajakah fakta-fakta tentang gadget berikut ini? Inilah 4 fakta tentang handphone.


1. Handphone Pertama di Dunia

Handphone pertama di dunia dibuat oleh Martin Cooper pada tahun 1983. Handphone tersebut bernama Motorola DynaTac 8000X. Jangan bayangkan handphone ini seperti handphone jaman sekarang yang ringan dan tipis, handphone ini memiliki berat hampir 1 kg. Handphone ini juga sangat besar, karena tinggi handphone ini mencapai sekitar 25 cm, belum lagi antenanya yang juga sangat panjang.

Jangan bayangkan juga fitur handphone ini seperti handphone jaman sekarang yang sudah bisa dipakai internetan dan bersocmed ria, handphone ini hanya bisa dipakai untuk menelepon saja dan tidak bisa dipakai untuk SMS-an. Daya tahan handphone inipun sangat rendah. Handphone ini hanya tahan untuk 30 menit telepon. Untuk mengisi baterai handphone ini sampai penuh, diperlukan waktu sampai 10 jam.

2. Smartphone Pertama di Dunia

Smartphone pertama di dunia adalah Simon. Simon dibuat oleh IBM pada tahun 1992, namun baru dipasarkan luas 1 tahun kemudian. Smartphone ini memiliki fitur yang cukup banyak. Mulai dari kalender, jam dunia, mengirim dan menerima email dan faks, sampai games. Selain itu, Simon sudah dibekali kemampuan touch-screen. Mungkin sekarang fitur-fitur Simon sudah dianggap jadul dan kuno. Tetapi pada masanya, fitur-fitur Simon sudah sangat canggih.

3. Operating System (OS) PDA Pertama di Dunia

OS untuk PDA pertama di dunia adalah Palm OS. Palm OS diciptakan tahun 1996 oleh Palm Inc untuk menunjang PDA Palm Pilot 1000. Kelebihan OS ini adalah kecepatannya yang baik dan tidak memakan memori yang besar. Tetapi, OS ini tidak bisa menyimpan aplikasi yang terlalu banyak. Karena kelemahannya ini, Palm OS dirasa kurang dapat bersaing untuk kebutuhan masa kini yang membutuhkan banyak aplikasi.

4. Smartphone Termahal

iPhone 5s Black Diamond Edition adalah smartphone yang paling mahal untuk tahun 2014. Bagaimana tidak, smartphone  ini dibanderol seharga $16,5 juta atau setara dengan sekitar Rp. 165 milyar (dengan $1 = Rp. 10.000). Sebenarnya, iPhone ini hanya seperti iPhone 5s biasa. Tetapi, iPhone ini ditaburi ratusan butir berlian putih dan diberi berlian hitam 26 karat di tombol Home. Logo Apple-nya pun juga diberi sentuhan mewah berupa berlian putih yang digarisi oleh emas murni. Layarnya menggunakan batu safir yang selain berfungsi untuk mempermewah iPhone ini, juga berfungsi untuk memperkuat ketahanan layar. Yang menakjubkan, berlian ini dipasang dengan tangan oleh pengrajinnya.


EmoticonEmoticon